Rabu, 03 Juli 2019

CDM dan PDM


A. Pengertian CDM

CDM (Conceptual Data Model) adalah model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari koleksi objek-objek dasar yang dinamakan entitas (entity) serta hubungan (relationship) antara entitas-entitas itu. Biasanya CDM direpresentasikan dalam bentuk Entity Relationship. Manfaat penggunaan CDM dalam perancangan database adalah sebagai berikut:

1.      Memberikan gambaran yang lengkap dari struktur basis data yaitu arti, hubunga, dan batasan-batasan.
2.      Alat komunikasi antar pemakai basis data, designer, dan analis.

Simbol
Deskripsi
Entitas/tabel
Entitas atau tabel yang menyimpan data dalam basis data.
Relasi
1..*
Nama relasi
1..*
Relasi antar tabel yang terdiri atas nama relasi dan multiplicity

Contoh CDM:


B. Pengertian PDM

PDM (Physical Data Model) merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut. 

Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom dimana setiap kolom memiliki nama yang unik. PDM merupakan konsep yang menerangkan detail dari bagaimana data disimpan didalam basis data. 

PDM sudah merupakan bentuk fisik perencangan basis data yang sudah siap diimplementasikan ke dalam DBMS sehingga nama tabel juga sudah merupakan nama asli tabel yang akan diimplementasikan ke dalam DBMS.

Simbol
Deskripsi
Tabel
Tabel yang menyimpan data dalam basis data.
Relasi
Relasi antar tabel yang terdiri dari persamaan antar primary key (kunci primer) tabel yang diacu dengan kunci yang menjadi referensi acuan di tabel lain.

Contoh PDM:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Database Buku

1.       Aktifkan aplikasi xampp terlebih dahulu. 2.       Masuklah pada browser lalu ke localhost/phpmyadmin , kemudian buat lah sebua...